install lazarus 0.9.26 on Ubuntu 8

Gini nih kalo lagi deadline !. nulis blog aja jarang kosakata, maunya code melulu. he.he..he…

langsung aja yah .. Ubuntu 8, versi lazarus defaultnya adalah lazarus 0.9.24, jadi kalo mo install versi 0.9.26 kita harus tahu dependencies paketnya dulu, atau paket yang harus ada ketika kalo lazarus mo diinstall. caranya bisa gini nih:

1. ketik apt-get update (ini untuk update repository info)  tentu saja setelah kita ketik sudo su

apt-get-sudo1

apt-get-update

2. ketik apt-get install lazarus, sehingga tamplil seperti gambar berikut. ingat ! jangan di tekan “Yes” karena itu berarti melakukan instalasi lazarus 0.9.24 juga, sedangkan kita hanya butuh informasi paket yang di perlukan saja.

apt-get-install-lazarus

nah… tuh kelihatan kan paket apa yang belom ada untuk install lazarus ?.

3. Ketik apt-get install … … seperti terlihat di gambar berikut. list ini didapatkan dari informasi pada point no 2. bisa di ketik satu-satu atau di copy aja. tapi hati2 karena character di atas mengandung #13 yang berarti enter atau execusi perintah.

apt-get-install-dependc

4. Download lazarus 0.9.26 dari sini kita gunakan paket nya debian. download semua aja yah ?.

5. Install semua paket yang telah didownload. paket-paket tersebut punya depencencies juga antara mereka jadi sebaiknya satukan aja perintahnya menjadi

> gdebi nama-paket1 nama-paket2 … … , dst.

6. dah .. selesai. shortcut ada di menu application > programming > lazarus.  ….. ga tampil ?

bagaimana buat webservice pake lazarus ?. okey . kita tunggu posting saya berikutnya. sekarang waktunya ngerjain next project …. (rahasia!!!).

eh iya ini screenshotnya lazarus.
laz-screenshoot

Banyak komponen punya TurboPower masuk sana. Indy ada juga . tapi ga default.

12 thoughts on “install lazarus 0.9.26 on Ubuntu 8

  1. herux says:

    loh .. mbak, apa udah ninggalin dunia delphi ?
    lazarus tuh niru delphi. tapi compilernya pake free pascal. dia bisa compile di Mikocok Windows, Pegel linux, Mac.
    jadi.. write once compile anywhere !!.

    Terbersit ide ? produk kita mo run anywhere ?

  2. herux says:

    Kalo lihat hasil yang versi sekarang kayaknya serius banget mereka. mungkin karena udah banyak juga pemakainya. bisa gantiin Kylix tuh. (versi 0.9.27 udah ada tuh di cvs). kalo kylix udah susah di harapkan. kandidat nya utk banyak platform ya ini kalo pascal. ada juga sih delphi prism dia bisa develop .net utk mono window, linux, and Mac

    saya udah pasang kuda2 nih. cari ide mo develop apa yah pake lazarus?.

  3. One of another way to built the application,… but kalo microshit minded ???? suse juga ya mas herux…

    Good post … ntar wa cobain ah hehehehehe for another project hihihihih:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s